PENGERTIAN WEB BLOG

Asal kata Blog adalah WebLog, yang artinya adalah catatan harian yang dimuat dalam Web. WebLog terdiri dari dua kata yaitu Web, seperti telah banyak dikenal adalah sebuah situs di internet seperti www.aurino.com, dan kata kedua adalah log yang berarti catatan kejadian harian atau bias dipersamakan dengan buku diary. Weblog akhirnya banyak dikenal sebagai Blog. Jadi blog adalah sebuah web site atau situs web yang berisikan catatan/jurnal harian kegiatan orang maupun kelompok (walaupun banyak blog yang diisi tidak setiap hari). Beberapa contoh blog dengan menggunakan wordpress antara lain adalah http://abc.aurino.com; http://mathematica.aurino.com; http://blog.aurino.com; http://excel.aurino.com dan lain sebagainya.

Untuk membuat blog (perorangan atau kelompok secara bersama-sama) yang melakukan kegiatan mengisi blog yang biasa dikenal dengan istilah blogging. Sedangkan orang atau sekelompok orang yang melakukan kegiatan blogging disebut dengan istilah blogger. Adapun alat/software yang digunakan untuk membuat blog disebut dengan istilah blog tools.
Kutipan dari Wikipedia adalah sebagai berikut: “The term “weblog” was coined by Jorn Barger on 17 December 1997. The short form, “blog,” was coined by Peter Merholz, who jokingly broke the word weblog into the phrase we blog in the sidebar of his blog Peterme.com in April or May of 1999. Shortly thereafter, Evan Williams at Pyra Labs used “blog” as both a noun and verb (“to blog,” meaning “to edit one’s weblog or to post to one’s weblog”) and devised the term “blogger” in connection with Pyra Labs’ Blogger product, leading to the popularization of the terms. ” Jadiistilah weblog pertama kali digunakan oleh Jorn Barger on 17 Desember 1997 sedangkan istilah blog pertama kali diperkenalkan secara tidak sengaja oleh Peter Merholz yang memisahkan kata weblog menjadi we blog di dalam blog miliknya pada April 1999. Sedangkan Evan Williams di Pyra Labs menggunakan kata blog baik sebagai kata kerja maupun kata benda dan kata Blogger.
Kegiatan membuat blog di Indonesia sangatlah populer. Mulai dari amatir sampai professional telah mulai membuat blog pribadi maupun kelompok, bahkan yang belum terlalu melek computer. Ditambah lagi dengan situs-situs komunitas berbahasa Indonesia telah banyak menyediakan ruang atau menu khusus untuk membernya untuk membuat blog pribadi.

Blog pada awalnya berisi berita-berita dan komentar tentang berbagai hal/kejadian namun dengan perkembangan pengguna blog, maka blog dapat berupa Personal Blogs, Corporate Blogs, dan Question Blogging, sedangkan berdasarkan medianya maka blog:

  1. yang memuat video disebut vlog,
  2. yang berisi links disebut linklog,
  3. yang berisi sketsa disebut sketchblog
  4. yang berisi foto-foto disebut photoblog;
  5. yang berisi posting singkat dan ada video, foto, maupun music disebut tumblelogs; dan
  6. blog yang dihosting di Gopher Protocol dikenal sebagai Phlog.

Pembagian blog berdasarkan genrenya adalah sebagai berikut:

  1. blogs yang fokusnya dalam bidang-bidang tertentu seperti political blogs, travel blogs, house blogs, fashion blogs, project blogs, education blogs, niche blogs, classical music blogs, quizzing blogs and legal blogs (often referred to as a blawgs) or dreamlogs.
  2. Sedangkan yang sering dianggap mengganggu adalah blog untuk keperluan penyebaran spam disebut sebagai Splog.
Seorang pembuat blog (blogger) Pembuatan blog bagi blogger umumnya bertujuan mempublikasikan ide-ide/pikiran/opini yang dia miliki ke pembaca blog atau khalayak umum. Namun demikian, fungsi blog tidak terbatas pada penyampaian fikiran saja, masih banyak fuzngsi blog yang dapat dimanfaatkan dari mulai sekedar menyalurkan hobi menulis sampai mempengaruhi orang, menjual ide atau untuk mempopulerkan sesuatu atau seseorang serta yang terakhir untuk mencari uang dari iklan dunia internet. Disamping hal-hal yang dinyatakan di atas, blog dapat dipergunakan pula untuk mendapatkan anda juga mendapatkan informasi, ide atau hiburan dari blog anda. Saat ini kegunaan blog bukan sekedar berbagi ide dan informasi memungkinkan seorang untuk melakukan file sharing (berbagai file multimedia). Bagaimanapun sebuah blog masih tidak dapat disebut sebagai media profesional untuk jurnalisme karena sebuah blog terbuka secara luas untuk siapa saja yang ingin di sebut sebagai blogger tanpa harus menyandang gelar atau keterampilan tertentu.
Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, penggunaan blog kini pun dapat diklasifikasikan ke berbagai bentuk tergantung dari isi, media yang digunakan sebuah blog atau kategori yang berikan mesin pencari blog. Isi dari sebuah blog bisa sangat luas tergantung dari sudut pandang penulisnya sedangkan untuk media pada umumnya berisikan tulisan, gambar, video atau gabungan dari semuanya itu.
Technorati salah satu mesin pencari blog telah mencacat sedikitnya ada 112 juta blog per Desember 2007. Mereka juga mencatat pertumbuhan rata-rata blog per hari mencapai 70000 blog. Perkembangan jumlah blog dapat meningkat dua kali lipat setiap tahunnya. Maka saat membaca tulisan ini sangat mungkin perkembangan blog jauh lebih banyak.
Para pengamat menilai berkembangnya blog menjadi sebuah yang populer dikarenakan bahan rujukan/referensi yang dikandung di dalamnya juga karena afiliasi (penggabungan) link terutama afiliasi dengan semua mesin pencari seperti Google yang dapat meroketkan popularitas sebuah blog.
JENIS-JENIS BLOG
  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan “fashion blog”. Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *