Hal Dasar-Dasar dalam Excel

Walaupun excel merupakan program yang sangat popular dan banyak sekali yang telah menggunakan ada baiknya kita mulai dari penting yang mungkin kurang kita perhatikan selama memakai aplikasi excel ini.
Hal penting yang pasti sudah diketahui oleh kita semua adalah fungsi-fungsi database, fungsi penjumlahan (SUM), fungsi lainnya terutama statistic. Namun ada dua fungsi yang sangat membantu dalam pengolahan database yaitu fungsi-fungsi SUMPRODUCT, fungsi INDEX/MATCH (umumnya kita menggunakan fungsi-fungsi LOOKUP)
Fungsi dan Rumus Dasar yang perlu dipahami adalah sebagai berikut:

Penggunaan Sebagai Kalkulator
Salah satu fungsi yang paling banyak digunakan sehari-hari adalah jumlah (sum). Pilihlah 2 (dua) sel yang berisi angka dan lihatlah pada bagian bawah pada layar Excel. Kita dapat melihat . Jika kita tidak dapat melihat angka tersebut klik kanan status bar di bagian bawah kanan sheet dan tabs dan pilih SUM dari menu tersebut. Jika kita klik kanan pada maka kita akan melihat menu sebagai berikut:


Dengan kalkulator ini, bisa menghitung sum (jumlah nilai), count (jumlah data), average (rata-rata) dan sebagainya. Jika kita memilih dua sel yang berisi text maka yang tampil adalah fungsi “Count”. Setiap kali kita memperoleh laporan atau data maka kita dapat menggunakan kalkulator untuk memeriksa angka-angkanya. Demikian pula dengan subtotal, kita dapat menghitung melalui kalkulator ini hanya dengan memilih sel yang dituju. Alat ini sangat penting !!!

Bersambung …..

Just Learn Anything from http://blog.aurino.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *