Lanjutan Excel Tip Dasar

Memasukkan Tanggal
Untuk mengetikkan tanggal hari ini kita dapat menggunakan cara tahan tombol CTRL dan tekan titik koma(;). Sedangkan untuk memasukkan jam tahan CTRL/SHIFT dan tekan titik dua(:)
Jika kita ingin memasukkan tanggal hari ini dan berubah setiap saat kita membuka spreadsheet tersebut, maka gunakan rumus (formula) =Now() dan format sel tersebut untuk menunjukkan tanggal. Jika kita mengubah formatnya dengan format jam (time), maka sel tersebut akan menunjukkan jam pada saat kita terakhir kali membuka workbook tersebut.

Angka Nol
Jika kita mempunyai tabel yang banyak menggunakan formula dalam spreadsheet dan kita tidak ingin menampilkan angka “0” maka pakailah “Tools/Options/View” dan pilihlah untuk menyembunyikannya dengan memberi tanda check (√) “Zero Values”.

Gambar Nyusul ya

Akan tetapi jika kita ingin menyembunyikan hanya yang ada di tabel dan tidak di jumlahnya (yang biasanya diletakkan pada akhir baris atau akhir kolom) maka kita gunakan “Format/Conditional Formatting” dan pilih warna putih (“white”) untuk font yang selnya bernilai “0”. Untuk Conditional Formatting dapat dilihat di judul Conditional Formatting.

Copy Format Beberapa Kali (Format Painter)
Dengan Double-click pada Format Painter kita dapat mengcopy format suatu sel ke beberapa sel atau range sekaligus. Pilih sel yang akan dicopy formatnya, kemudian double-click pada Format Painter. Pada saat kita menggerakkan kursor pada sel yang akan ditempel (paste) formatnya maka kita akan melihat Format Painter mengikuti kursor tersebut. Paste (temple) format beberapa sel atau range, jika sudah selesai kabala ke icon Format Painter pada toolbar dan click sekali untuk menonaktifkan fungsi tersebut.

Tanda Dollar ($)
Jika kita akan mengcopykan rumus dari satu sel ke satu atau beberapa sel, maka kita harus mulai menggunakan tanda dollar ($) untuk menandai bahwa kita memakai alamat relative atau alamat absolute. Untuk melakukannya kita harus ke formula bar (window pada kiri atas layar tempat kita memasukkan angka maupun rumus) kita harus mengklik sebelum alamat setiap kolom dan baris dan tambahkan $. Misalnya rumus: A2*C4 maka $A$2 * C4 artinya $A$2 alamat absolute (tidak berubah jika dicopy) sedangkan C4 alamat relative (berubah jika dicopykan).
Kita dapat juga mengklik tombol “F4” pada keyboard. Dua buah $ akan muncul. klik “F4” lagi dan satu $ akan hilang. Dan seterusnya

Just Learn Anything from http://blog.aurino.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *