Bagaimana Membuat Grafik dengan Excel untuk Data beberapa kolom?

Misalnya Anda adalah mahasiswa sekolah kesehatanyang telah ditugaskan untuk membuat sebuah daftar dari hasil pemeriksaan tekanan darah untuk 3 macam obat yang berbeda, dengan data pemeriksaan tiap jam selama 6 jam. Setelah Anda memasukkan data Anda ke dalam excel, mungkin terlihat seperti ini:

Bagaimana caranya anda mengubah data mentah data ke bentuk grafik 3 baris, dan skala horisontal sumbu (X)adalah waktu (jam), dan tingkat tekanan darah sebagai sumbu vertikal? Pertama, klik tab Insert (yang dilingkari) untuk menampilkan menu pilihan toolbar insert.

Klik pada line chart (yang dilingkari). Pilih jenis (style) line chart yang anda inginkan dari menu popup yang muncul. Grafik (chart) akan muncul sesuai dengan data anda.

Hampir selesai! Selanjutnya, anda ingin memendekan sumbu vertikal, sehingga anda dapat melihat detil pada grafik dengan lebih jelas.

Klik kanan pada sumbu yang ingin Anda ubah, dan pilih “Format Axis”. Ubah nilai dalam kotak popup untuk mengubah grafik dengan skala yang Anda inginkan, tambahkan / ubah baris properti, atau detail lainnya. Semua axes, legend (legenda), baris, dan lain-lain dalam grafik dapat diedit dengan cara ini.

Dan ini adalah hasilnya! Anda dapat juga memindahkan grafik ini ke sheet lain, dan bahkan dapat mengcopynya ke word document.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *