BAB 5 KONSEP PEMROGRAMAN VBA

by: Aurino Djamaris & Sridhani Pamungkas

Deskripsi     :     Konsep – konsep pemrograman menggunakan elemen – elemen VBA

Tujuan Pembelajaran :    siswa mampu memahami bahasa pemrograman VBA dan mengaplikasikannya dalam proses pengambilan keputusan. Mampu membuat sebuah fungsi dan prosedur yang mampu membantu penyelesaian masalah manajerial. Mampu memahami kesalahan yang terjadi ( error ) dan memperbaikinya.

Pendahuluan Teori

 

Seperti yang telah dijelaskan di BAB 4, dalam membuat sebuah program yang dapat membantu pekerjaan seorang manajer dalam mengolah data dapat dilakukan dengan dua cara, Record macro dan VBA.

VBA merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dapat digunakan sebagai media pembuatan program di Ms. Excel. Secara garis besar kode pemrograman dalam VBA dikelompokkan menjadi 2 macam, yakni prosedur sub dan fungsi. Prosedur sub umumnya hanya digunakan untuk mengeksekusi suatu perintah, sedangkan fungsi umumnya digunakan untuk proses perhitungan yang akan selalu memberikan nilai balik. Beberapa contoh fungsi yang terdapat pada Excel adalah SUM, AVG, MIN, MAX dan lain lain.

Prosedur Sub

Setiap prosedur sub dalam pengkodeannya selalu diawali dengan kata Sub dan diakhiri dengan kata End Sub. Dalam pembuatan suatu prosedur sub, ada beberapa aturan untuk penamaannya yang perlu diketahui sebagai berikut:

 

  1. Karakter awal harus selalu menggunakan huruf, karakter berikutnya dapat menggunakan huruf atau angka.
  2. Tidak boleh menggunakan spasi.
  3. VBA tidak membedakan penamaan menggunakan huruf besar ataupun huruf kecil.
  4. Tidak boleh menggunakan simbol-simbol sebagai berikut: #, $, %, &, @, ^, * dan !
  5. Penamaan tidak boleh lebih dari 255 karakter.

 

Selain itu, idealnya penamaan suatu prosedur harus disesuaikan dengan tugas yang akan dijalankannya. Dengan demikian, akan mempermudah pemrogram untuk mengingat prosedur yang telah dibuatnya, yang secara umum juga akan membantunya dalam pembuatan program. Untuk menjalankan suatu prosedur, ada beberapa metode yang dapat digunakan, yaitu:

  1. Dengan mengaktifkan perintah Run

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *