Bab 4 Ms. EXCEL VISUAL BASIC OF APPLICATON

By: Aurino Djamaris & Sridhani Pamungkas

Deskripsi         : Dasar – dasar bahasa VBA, macro dalam Ms. Excel 2007 ( 2 )

Tujuan Pembelajaran : Siswa menggunakan bahasa pemrograman ( VBA ) dalam menjalankan macro pada worksheet Ms. Excel.

Pendahuluan Teori

Macro dan VBA

Macro adalah sebuah media yang dapat membantu pekerjaan manusia, mampu merekam semua perintah yang diinput dan menjalankan perintah tersebut secara otomatis . Macro merekam kejadian (perintah) secara berurutan, sehingga serangkaian perintah tersebut dapat dijalankan dengan satu langkah. Dalam pembuatan sebuah macro, kita harus menginput perintah – perintah yang dapat dipahami komputer. Sebuah bahasa pemrograman yang dapat dipahami oleh computer dalam proses penginputan makro disebut Visual basic of Application language ( Bahasa Pemrograman ).

Menu Developer Ms.Excel

Macro dalam Ms. Excel merupakan bagian dari menu developer Ms. Excel. Untuk menampilkan menu developer dalam ribbon excel ( Menu bar ), kita harus melakukan langkah – langkah sebagai berikut :

Klik Microsoft Office Button lalu pilih Excel Option yang berada pada bagian kan bawah jendela Office botton


Pilihlah menu popular, dalam menu ” Top option for working with excel”, aktifkan menu ” Developer tab in ribbon” dengan cara klik pada check box menu tersebut. Tekan ok.

Pada ribbon Ms. Excel anda sekarang telah aktif menu developer.


Dalam menu developer terdapat empat buah kategori menu, yaitu code, control, XML dan modify. Keempat menu tersebut merupakan atribut dalam pembuatan macro ms. Excel. Pembuatan macro dapat dilakukan dengan dua cara, pertama dengan merecord macro dan kedua dengan memasukan bahasa VBA ke dalam modul – modul VBA ( akan dijelaskan lebih lanjut ).

Record Macro Vs. VBA Macro

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat dua cara dalam proses pembuatan macro, yaitu dengan cara record macro dan menginput secara manual VBA macro. Untuk cara pembuatan macro dengan metode recording macro dapat dilakukan dengan memilih menu “record macro” yang ada pada kategori code menu bar developer.sedangkan proses pembuatan macro dengan menginput bahasa VBA dapat dilakukan dengan cara memilih menu VBA yang juga ada pada kategori code menu bar developer.

Dalam proses record macro kita dapat merekam setiap peristiwa secara langsung ( dijelaskan selanjutnya ). Seluruh aktivitas yang kita lakukan setelah tombol ecord macro ditekan akan terekam dan proses perekaman aktivitas tersebut akan berakhir setelah kita menekan tombol “Stop record”. Sedangkan dalam proses pembuatan macro dengan Visual Basic, kita harus menginput bahasa – bahasa pemrograman dalam modul – modul dan Sheet – sheet yang ada pada jendela Visual Basic.


Kedua proses tersebut juga dapat dijalankan dengan cara pembuatan Command Button. Command Button adalah sebuah tombol yang dapat menjadi media menjalankan macro yang sudah dibuat/ diinput. Proses pembuatan Command button adalah sebagai berikut :

Pada menu developer kategori control, klik Insertà pilih Button pada form control.


Setelah memilih Button, sorot worksheet yang masih aktif untuk membentuk button pada worksheet. Setelah Button terbentuk, maka jendela ” Assign Macro ” akan muncul. Assign Macro adalah jendela yang berisi informasi mengenai pilihan macro yang akan dijalankan oleh button yang kita buat. Secara otomatis VBA yang berada pada macro yang terpilih akan masuk kedalam VBA button tersebut. Maka apabila button tersebut ditekan, segala aktivitas yang direkam oleh macro terpilih akan jalan.


Setelah memilih macro yang akan dijalankan oleh button, klik OK. Apabila kita menekan button maka aktivitas pada macro yang terpilih akan jalan.

Aplikasi Teori

Membuat Macro dengan cara record macro yang berisi perintah pembuatan chart dari data tabel.

Langkah – langkah pembuatan macro :

Input data tabel yang akan dibuat chart dalam worksheet yang aktif.


Pilih menu developer à record Macro. Jendela Record macro akan muncul ( Masukan Macro name sesuai dengan keinginan anda ) à OK


Lakukan langkah – langkah pembuatan chart ( Sudah dijelaskan sebelumnya )sampai selesai. Klik Stop record.

Pilihlah menu developer à Insert à Button. Assign macro “chart” untuk button tersebut.Ketika Button ditekan maka proses pembuatan chart akan berjalan secara otomatis.


Pemantapan Teori

Soal – soal latihan :

Soal 1.

Buatlah sebuah macro yang berisi perintah pembuatan pivot table menggunakan data Sales : Sales Analysis – TDI – Batam.xls ( metode record macro )

Soal 2.

Ringkas data pivot diatas berdasarkan Customer lalu buatlah sebuah macro yang berisi perintah pembuatan bar chart dari data tersebut ( metode record macro )

Soal3.

Split number dan string dalam data Rumus untuk menghitung HOK.xls ( dalam metode record macro )

Soal4.

Buatlah sebuah macro yang dapat menghasilkan spreadsheet Nilai Ketuntasan.xls ( dalam metode record macro ) – mintalah spreadsheet dari asisten dosen.

2 thoughts on “Bab 4 Ms. EXCEL VISUAL BASIC OF APPLICATON

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *