Scenario dalam Excel

By Aurino Djamaris

Skenario berada di bawah menu ” What-If Analysis ” di Excel. Sebagai contoh, Bagaimana jika saya mengurangi jumlah belanja makanan? Berapa yang tersisa kemudian? Skenario dapat disimpan, sehingga Anda dapat memanggil kembali pada saat diperlukan.

Contoh penerapan scenario: misalnya Anda memiliki anggaran pengeluaran keluarga. Kemudian Anda mencoba mengubah pengeluaran pos-pos tertentu, misalnya makanan, pakaian, atau bahan bakar, dan melihat bagaimana perubahan ini mempengaruhi anggaran secara keseluruhan.

Download file contoh: ContohWhat-If-Analysis – Scenario Manager

Pertama buat Anggaran Serupa dengan Tabel di bawah ini


Angka dalam sel B12 di atas dapat menggunakan fungsi SUM, merupakan total pengeluaran Anda. Sedangkan Angka dalam sel C3 adalah seberapa pendapatan Anda setiap bulan. Angka dalam sel D13 adalah berapa banyak sisa pendapatan Anda setelah dikurangi semua pengeluaran.

Dengan hanya Rp. 460.000 yang tersisa setiap bulan maka harus dibuat perubahan. Kita akan membuat skenario untuk melihat apa pengaruh pemotongan pos-pos anggaran tersebut.

• Pilih Tab Data

• Pada Tab Data, Data Tools Group

• Klik pada What-If -Analysis, dan pilih Scenario Manager:


Setelah meng-klik Scenario Manager maka akan tampil dialog box sebagai berikut:


Kita ingin membuat skenario baru. Jadi klik tombol Add. Anda kemudian akan mendapatkan kotak dialog lain muncul:


J12 yang ada di field Changing Cells adalah sel terakhir yang Anda pilih sebelum mengklik Scenario Manager. Kita akan mengubah sel ini. Langkah pertama, ketik Nama untuk Skenario Anda di kotak Scenario name. Misalnya Anggaran Asli.

Excel saat ini membutuhkan input Anda untuk memasukkan sel-sel dalam spreadsheet Anda yang akan diubah. Dalam skenario pertama (Anggaran Asli),tentu saja tidak ada yang akan diubah. Namun demikian kita harus memasukkan sel-sel mana yang akan berubah. Misalnya kita coba untuk mengurangi pengeluaran Makanan, Baju, dan telepon. Sel yang ditempati oleh Anggaran ketiga pos tersebut adalah sel B7 sampai sel B9. Jadi isilah kotak Changing Cells dengan B7: B9,
jangan lupa titik dua(:)diantara dua sel tersebut (atau titik koma[;] jika Anda menggunakan regional setting Indonesia.


Klik OK dan Excel akan meminta Anda untuk memasukkan beberapa nilai:

Karena kita ingin scenario ini sebagai Anggaran Asli maka, klik OK saja. Dan akan muncul Dialog Box Scenario Manager sebagai berikut:


Sekarang kita mempersiapkan satu skenario, kita dapat menambahkan satu lagi. Pada langkah ini kita coba memasukkan nilai baru – Tabungan.

Klik tombol Add lagi. Ketik Nama baru, misalnya Anggaran Dua. Changing Cells berisi B7: B9. Jadi klik OK.

Anda akan dibawa ke kotak Scenario Value dialog. Sekarang kita ingin mengubah nilai. Masukan yang 1800000 untuk B7, 1000000 untuk B8 dan 250000 pada B9. seperti pada gambar di bawah ini:


Nilai ini adalah nilai baru untuk Anggaran. Lalu klik OK dan Anda melihat kembali Scenario Manager, dan terlihat ada dua scenario dalam listnya:


Terlihat bahwa kita memiliki Anggaran Asli dan Anggaran Dua. Klik tombol Show dibagian bawah Scenario Manager dengan Anggaran Dua terpilih. Nilai-nilai dalam spreadsheet Anda akan berubah, dan anggaran baru akan dihitung. Gambar di bawah menunjukkan apa yang tampak seperti di spreadsheet:


Klik pada Anggaran Asli, kemudian klik tombol Show. Nilai-nilai awal akan ditampilkan!

Klik tombol Close pada
dialog box untuk mengakhiri.

Jadi Skenario memberikan pada Anda cara yang berbeda untuk melihat satu set angka, dan dengan mudah Anda beralih dari alternatif angka yang diinginkan.

Cara Membuat Laporan Scenario

Selain membuat scenario, kita dapat membuat laporan scenario. Untuk membuat laporan skenario Anda, maka langkahnya adalah sebagai berikut:

• Klik Tab Data pada Excel Bar

• Cari Data Tools Group

• Pada Tools Data Group, klik What-If-Analysis

• Dari What-If-Analysis, klik Scenario Manager

• Dari kotak dialog Scenario Manager, klik tombol Summary untuk menampilkan kotak dialog berikut:


Dialog Box di atas memberikan pada Anda pilihan sel-sel mana yang akan tampil pada laporan. Untuk mengubah sel pada Result cells, klik pada spreadsheet Anda. Klik sel-sel dengan menekan tombol CTRL pada keyboard Anda, dan mengklik sel dengan tombol kiri mouse Anda. Pilih sel C3, B12 dan C13. Jika Anda ingin menyingkirkan sel yang dipilih, klik lagi dengan tetap menekan tombol CTRL. Selanjutnya, jika sudah memilih, Klik OK. Excel kemudian akan membuat Ringkasan Skenario Anda:


Baiklah selesai tentang What-If-Analysis – Scenario Manager. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *