Microsoft Excel Dasar -3

oleh: Aurino Djamaris & Sridhani Pamungkas

APLIKASI KERJA DENGAN ANGKA

MEMILIH RANGE SEL

    Untuk menjumlahkan atau memformat kelompok sel, kita harus memilih sel – sel apa saja yang berhubungan dalam proses pengolahan data. Satyu atau lebih sel yang terpilih disebut range ( rentang ). Range dalam excel ditandai dengan (:) misalnya, A5:B10 merujuk pada range mulai dari sel A5 hingga sel B10.

MEMILIH SEL

Kita dapat memilih range sel dengan menggunakan mouse. Tunjuk sel pertama yang hendak kita sertakan dalam pilihan, tekan dan tahan tombil mouse, kemudian seret ke sel terakhir dalam pilihan. Lepas tombol mouse, maka sel – sel akan terpilih. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan munjuk salah satu sel terpilih, tekan tombol Shift pada keyboard, tahan dan arahkan ke beberapa sel lainnya yang dikehendaki.

Sel – sel terpilih ditandai dengan adanya segi empat gelap yang menutupi sel terpilih. Apabila sel – sel terpilih berisi angka, maka fasilitas Autocalculate dari excel akan menampilkan jumlah nilai dalam sel – sel terpilih dalam bar status.

Gambar 1 Memilih Sel

MEMILIH KOLOM DAN BARIS

Anda dapat memilih seluruh sel dalam kolom dengan mengklik header kolom. Untuk memilih seluruh sel dalam baris, klik header baris. Untuk memilih lembar kerja utuh, klik tombol Select All di pojok kiri atas lembar kerja di sebelah kiri header kolom A. Untuk memilih beberapa kolom atau baris yang berada bersebelahan, pertama – tama pilih salah satu, kemudian seret melewati kolom atau baris lainnya. Untuk membatalkan pilihan kelompok sel, klik satu kali untuk memilih sel sembarang lainnya dalam lembar kerja.

MEMILIH DAERAH YANG TIDAK BERSEBELAHAN

Untuk memilih range baris dan kolom yang tidak bersebelahan kita dapat menggunakan fungsi tombol ctrl pada keyboard. Pertama kita harus tentukan salah satu range yang kita pilih, kemudian tekan tombol ctrl, tahan dan pilih range lainnya.

 
 


Gambar 2 Memilih daerah yang tidak bersebelahan

MENGGUNAKAN AUTOSUM

Tombol autosum dapat digunakan apabila kita hendak mencari nilai total atas sejumlah angka dengan cepat. Langkah – langkah yang dapat digunakan adalah :

  1. Aktifkan salah satu sel yang hendak dijadikan tempat penjumlahan.
  2. Tekan icon Autosum yang berada pada menu home pilihan editing.


  3. Pilihlah rang yang akan dicari total penjumlahannya
  4. Klik enter maka hasil akan diketahui dengan cepat.

ARITMATIKA DASAR DALAM EXCEL

Autosum hanya dapat digunakan dalam penjumlahan, tidak ada tombol automultiply atau autosubstract. Tapi kita dapat membuat rumus dalam menyesaikan perhitungan tersebut. Misalnya kita ingin membuat sebuah rumus yang mampu menghasilkan perhitungan gaji kotor karyawan dalam payroll perusahaan. Dalam menentukan gaji kotor, kita harus mengalikan jam kerja dengan upah per jam.

    Gaji kotor = Jam kerja x Upah per jam

Untuk itu kita harus menggunakan fungsi perkalian dalam excel. Sebelum kita melangkah lebih jauh, kita harus mengetahui mengenai operator hitung yang berlaku dalam Microsoft excel :

Operasi            Simbol        Contoh

Penjumlahan         +        Jam kerja biasa + jam kerja lembur

Pengurangan         –        Harga jual – potongan harga

Perkalian         *        Jumlah barang yang dibeli * harga masing – masing

                    Barang

Pembagian         /        Bonus/jumlah karyawan

Pemangkatan         ^        3^2

 
 

Kembali ke contoh soal sebelumnya, dalam menentuka gaji kotor, pertama kali kita harus memasukan data mengenai Jam kerja tiap karyawan dan upah per jam tiap karyawan kedalam lembar kerja, kemudian kita membuat kolom yang berisi gaji kotor dimana kita mulai menerapkan rumus perjanjian pada kolom tersebut.


Gambar 3 Contoh Perkalian

Keterangan : Dalam sel D4 salah satu kolom yang berisi rumus gaji kotor, kita isikan rumus perkalian antara B4 ( jam kerja ) dan C4 ( upah per jam ) . =B4*C4 kemudian enter.tarik kursor D4 kebawah sampai D6 maka rumus akan berlaku sampai D6.

MEMFORMAT ANGKA

 Jenis data angka yang dimasukan dalam excel memiliki format tersendiri yang dapat dibedakan dengan jenis angka lainnya. Pengaturan mengenai format angka dapat anda temukan pada menu bar file number.

Kategoro format angka terdiri dari :

Kategori        Uraian                            Contoh

General         Format Default                        10008.7

 
 

Number (bilangan)    Seperti general, tetapi kita dapat            1008.7

menetapkan tempat decimal dan

menggunakan pemisah ribuan

 
 

Currency         Nilai didahului dengan symbol mata uang         $1,008.70

Negara sebelum digit pertama. Nilai nol

Ditampilkan

 
 

Accounting         Nilai diratakan pada titik decimal. Apabila        $1,008.70

terdapat symbol dollar maka symbol tersebut

akan direnggangkan agar rata. Nilai nol

diperlihatkan sebagai dash ( – )

 
 

Persentage         Nilai diekspresikan sebagai persentase, diikuti        100807%

                    Oleh symbol persentase.

Scientific         Nilai ditampilkan dalam notasi ilmiah             1.01E+03

 

 Ke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *