Alternatif untuk Fungsi IF berjenjang

Fungsi IF membuat kita dapat menghasilkan keputusan sederhana dalam sebuah lembar kerja (worksheet). Fungsi IF memiliki tiga argumen (parameter):

  • Kondisi yang dievaluasi (hasilnya harus TRUE/Benar atau FALSE/Salah)
  • Nilai yang ditampilkan jika kondisi TRUE
  • Nilai yang ditampilkan jika kondisi FALSE

Contoh sederhana untuk fungsi IF adalah tampilkan 1 jika sel A1 berisi “A”. Jika sel A1 tidak berisi “A”, maka rumus/formula ini akan menghasilkan string/teks kosong.

=IF(A1=”A”,1,””)

Dalam kemampuannya untuk pengambilan keputusan, maka fungsi IF dapat digunakan berjenjang dalam bentuk satu formula. Dengan kata lain, kita dapat menggunakan Fungsi IF sebagai argumen kedua. Contohnya adalah:

=IF(A1=”A”,1,IF(A1=”B”,2,IF(A1=”C”,3,””)))

Rumus ini digunakan untuk mengecek sel A1. Jika sel berisi “A”, maka rumus akan menghasilkan 1. Jika tidak berisi “A”, maka argumen kedua akan dievaluasi. Argumen kedua berisi fungsi IF lainnya yang menentukan apakah sel A1 berisi “B”. Jika ya, maka rumus akan menghasilkan 2; jika tidak, maka rumus akan mengevaluasi fungsi IF yang terdapat dalam argumen ke dua dan memeriksa apakah sel A1 berisi “C”. Jika ya, maka akan menghasilkan 3; jika tidak, maka akan menghasilkan teks kosong (” “).

Anda tidak dapat “menggabungkan” atau “menumpuk” rumus dalam satu sel lebih dari 7 secara “berjenjang”untuk Ms Excel 2003 ke bawah. Misalnya, rumus berikut ini akan menghasilkan IF berikut akan menghasilkan error. (Walaupun hal ini tidak masalah buat Ms Excel 2007).

=IF(A1=”A”,1,IF(A1=”B”,2,IF(A1=”C”,3,IF(A1=”D”,4,
┬áIF(A1=”E”,5,IF(A1=”F”,6,IF(A1=”G”,7,IF(A1=”H”,8,””))))))))

Untuk mengatasi hal tersebut maka kita dapat menggunakan beberapa cara excel seperti Fungsi VLOOKUP, User Define Name, Fungsi CONCATENATE, atau dengan perkalian Bolean

Menggunakan Formula VLOOKUP

Kita dapat menghindari pemakaian fungsi IF dengan menggunakan fungsi VLOOKUP. Untuk menggunakan VLOOKUP, kita membutuhkan dua tabel dalam lembar kerja. In the figure below, the lookup table is in B1:C10. The formula in A2 is:

=VLOOKUP(C1,A1:B10,2,False)

Gambar 1. Contoh Vlookup Mencari Nilai E

Penjelasan Rumus

Isi sel C2 adalah VLOOKUP(C1,A1:B10,2,False) berarti kita mencari nilai isi sel C1 yaitu E dengan referensi tabel yang berada di range A1:B10. Karena isi dari sel C1 adalah huruf E dan sesuai dengan tabel bahwa huruf E sejajar dengan angka 5, maka hasil yang ditampilkan dalam sel C2 adalah angka 5.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *