Kelompok, Aliran, Golongan, Sekte dan Sejenisnya

Kelompok, Aliran, Golongan, Sekte dan sejenisnya telah diingatkan dalam Al Qur’an. Masing-masing kelompok merasa bangga dengan apa yang ada pada sisi mereka (masing-masing). Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya).

Allah Berfirman dalam Surat Ali Imran Surat ke 3 ayat 103:
“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk”

Surat Al-anam surat ke 6 ayat 159: 
“Sesungguhnya orang-orang yang memecah belah agama-Nya dan mereka menjadi bergolongan, tidak ada sedikitpun tanggung jawabmu (Nabi Muhammad Saw) kepada mereka. Sesungguhnya urusan mereka hanyalah terserah kepada Allah, kemudian Allah akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka perbuat.

Hadits yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi nomor 171, Rasulullah Shallallahu `Alaihi Wasallam diriwayatkan telah bersabda, “Ummatku akan terbagi menjadi 73 golongan, semuanya di neraka kecuali satu golongan.” Para sahabat bertanya kepada Rasulullah golongan apakah itu. Kemudian beliau menjawab, “Al-Quran dan Sunnah.”

Surat Ar-Rum surat ke 30 ayat 31-32:
” dengan kembali bertaubat kepada-Nya dan bertakwalah kepada-Nya serta dirikanlah shalat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah,
“yaitu orang-orang yang memecah-belah agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka.”

Surat Al-muminun Surat ke 23 ayat 53-54:
” Kemudian mereka (pengikut-pengikut rasul itu) menjadikan agama mereka terpecah belah menjadi beberapa pecahan. Tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada sisi mereka (masing-masing).” “Maka biarkanlah mereka dalam kesesatannya sampai suatu waktu.”

Surat Asy-Syura Ayat 13:

Dia telah mensyari’atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya).

Wallahu a’lam bish-shawabi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *