Tafsir Singkat Surah Al Hujurat ayat 6

Tafsir Singkat Surah Al Hujurat ayat 6

( يَـأيُّهَاالّذِيْن آمنـُوْا ِاٍنْ جـآءَكمْ فَاسقٌ بـِنَباٍ فتبيّنـُوْا أنْ تُصِبـوْا قوْمًـا بِجَهَالـةٍ فتُصْبِحُـوْا علَى مَا فعَلْتـُمْ نـدميـن )

Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman, jika datang seorang yang fasik kepadamu membawa berita, maka tangguhkanlah (hingga kamu mengetahui kebenarannya) agar tidak menyebabkan kaum berada dalam kebodohan (kehancuran) sehingga kamu menyesal terhadap apa yang kamu lakukan” QS. Al-Hujurat : 09

Dalam tafsirnya Imam Arrazi berpendapat bahwa ayat ini menjelaskan anjuran Allah Swt. untuk berhati-hati dalam menerima informasi dari orang-orang fasik, karna mereka hanya menginginkan terjadinya fitnah diantara kaum mukmin dan Allah memerintahkan untuk meneliti/memfilter berita tersebut.

Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya : Allah dan rasul-Nya selalu menganjurkan kita untuk tabayyun dengan informasi-informasi yang kita dapat. Rasulullah pernah bersabda :

)التبين من الله والعجلة من الشيطان( رواه الطبري في تفسيره.

Imam Ibnu Jarir Atthabari dalam tafsirnya mengartikan bahwa kata “فتبينوا” memiliki makna أمهلوا حتي تعرفوا صحته, لا تعجلوا بقبوله : Tangguhkanlah berita yang datang sehingga kita dapat mengetahui kevalidannya serta keabsahannya, jangan sekali-kali tergesa-gesa untuk menerimanya.

Menurut beliau para ahli qiraat sepakat bahwa kata “فتبينوا” bisa berarti “فتثبتوا”.

Para mufassir menjelaskan bahwa jika kita selalu menerima informasi-informasi tanpa memfilternya maka akan ada dua akibat yang akan kita tanggung, hal ini sesuai dengan firman Allah pada lanjutan ayat tadi.

Pertama : أن تصيبوا قوما بجهالة yang berarti لئلا تصيبوا agar kita tidak menjerumuskan diri kita dalam kebodohan dan kehancuran, maka berhati-hatilah wahai kaum mukmin terhadap informasi dari luar!!!

Kedua : فتصبحوا على ما فعلتم نادمين setelah diri kita terjerumus dalam kehancuran yang tersisa hanyalah penyesalan karna telah terbukti bahwa informasi yang kita terima adalah penghancur bagi kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *