CARA MUDAH PENULISAN KARYA ILMIAH DENGAN MICROSOFT WORD

Berikut adalah buku tentang Penulisan Skripsi dan Thesis dengan menggunakan software Microsoft Word terutama versi 2010. Untuk memperbaiki buku ini,  maka saya mohon kepada semua pihak yang mengunduh buku ini (for free/gratis) dimohon untuk memberi masukan baik melalui website ini maupun melalui email (aurino@bakrie.ac.id).

Download disini: Buku Cara Mudah Penulisan Karya Ilmiah dengan MsWord 2010

Menulis Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, Disertasi, Karya Ilmiah, Artikel Publikasi Ilmiah maupun dokumen akademik yang lain dengan menggunakan software komputer (Microsoft Word) memerlukan pemahaman lanjut software dan bukanlah sebuah hal yang mudah. Kendala yang sering dihadapi oleh mahasiswa maupun dosen saat mengetik dengan piranti lunak (software) adalah mengelola pengetikan naskah dengan format yang sesuai dengan aturan yang ditentukan oleh institusi atau penerbit. Kadang format yang diterapkan pada suatu halaman bisa jadi berbeda dengan format halaman lainnya.

Susunan Tesis terlalu rumit apabila anda melakukan formatting dokumen secara manual, seperti menerapkan style bold ke judul;  menulis nomor sub-bab secara manual; membuat daftar isi secara manual; dan membuat citation (sitasi) secara otomatis yang langsung dapat diturunkan ke daftar pustaka. Kendala  lainnya  pada  saat  melengkapi  penulisan  dengan  daftar  isi,  daftar  lampiran,  daftar gambar,  dan  sebagainya.  Bisa  dibayangkan  tekanan  yang  muncul  saat  tenggat  waktu  yang hampir habis. Tekanan saat harus bolak-balik mencocokkan/merevisi halaman saat mengetikkan bagian-bagian yang harus dimunculkan di daftar isi.

Untuk  itu  tulisan  ini  dibuat  sebagai  panduan,  agar  mahasiswa  atau pembaca dapat  menghemat  waktu pengerjaan tugas akhir (maupun tugas lainnya) dan terbebas dari tekanan hal-hal yang tidak perlu. Aplikasi Microsoft Word ini sebenarnya memiliki berbagai fitur yang memudahkan kerja, hanya mungkin selama ini tidak disadari  karena kita terbuai memperlakukan pengolah kata ini sebagai mesin ketik elektronik.

Panduan ini dibuat berdasarkan fitur pada Microsoft Word 2010™.  Bila tampilan/layout  berbeda  dengan  versi  sebelumnya,  harap  disesuaikan  dengan  mengikuti menu yang dipilih.

Beberapa fungsi dasar Microsoft Word yang harus dikuasai sebelum menulis sebuah karya ilmiah sehingga tugas yang anda lakukan akan lebih mudah walaupun dikejar tenggat waktu.

Hampir seluruh isi penulisan Skripsi & Tesis dilakukan secara manual sehingga kesalahan yang terjadi harus diperbaiki satu per satu. Jelas hal ini akan menambah pekerjaan dan menyita waktu kita untuk memperbaiki penulisan Skripsi;  Tesis maupun karya ilmiah lainnya.

Beberapa hal yang sering dilakukan secara manual dan permasalahan yang muncul:

  1. Penomoran bab dan subbab dilakukan secara manual.

Permasalahan: Apabila terjadi penyisipan, pengurangan atau pemindahan bab maupun subbab, maka kita harus mengurutkan kembali nomor bab dan subbab tersebut satu per satu.

  1. Penomoran gambar dan tabel  serta  persamaan matematika dilakukan secara manual.

Permasalahan: Apabila terjadi penyisipan, pengurangan atau pemindahan gambar, tabel maupun persamaan, kita harus mengurutkan kembali nomor gambar dan tabel tersebut satu per satu.

  1. Penomoran gambar dan tabel serta persamaan dalam tulisan sebagai penunjuk dilakukan secara manual.

Permasalahan: Apabila terjadi penyisipan, pengurangan atau pemindahan gambar, tabel maupun persamaan, kita harus memperbaiki nomor gambar dan tabel sebagai penunjuk tersebut satu per satu.

  1. Pembuatan daftar isi dilakukan secara manual.

Permasalahan: Apabila terjadi perubahan halaman pada bab maupun subbab maka nomor halaman dalam daftar isi harus diperbaiki satu persatu.

  1. Pembuatan daftar gambar dan tabel dilakukan secara manual.

Permasalahan: Apabila terjadi perubahan gambar maupun tabel maka daftar harus diperbaiki satu persatu.

  1. Pembuatan daftar pustaka dilakukan secara manual.

Permasalahan: Adanya kesalahan urutan penulisan pustaka. Adanya kesalahan urutan daftar pustaka.

Selain hal di atas, biasanya dokumen penulisan Skripsi & Tesis disimpan per bab. Berarti, apabila terdapat 5 bab setidaknya dibutuhkan 5 dokumen ditambah dokumen halaman awal (Halaman Judul, Halaman Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi dan lain-lain). Hal ini sangat tidak efisien karena setiap melakukan perubahan terutama perubahan halaman, kita harus membuka kelima dokumen tersebut.

Fitur-fitur Ms. Word yang mendukung penyusunan naskah ilmiah; laporan, skripsi maupun tesis dan disertasi antara lain akan dibahas dalam tulisan ini meliputi Penggunaan Style dan Template; membuat Bookmark; Membuat Daftar Isi; Daftar Gambar; Daftar Tabel; Cross-Reference; Tables of Authorities;      Membuat Indeks dan Membuat Citation.

Sebelum membahas tentang penggunaan Ms. Word, dalam tulisan ini akan dibahas terlebih dahulu Aturan umum penulisan karya ilmiah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *